email : [email protected]

26.6 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

DIBUKA DENGAN BAHASA BATAK, SIMALUNGUN BAKAL JADI SENTRA BAWANG PUTIH DI SUMATERA

Populer

Simalungun, Oerban.com – Simalungun serius kembangkan Bawang Putih, melihat topografi alamnya yang cocok untuk pengembangan bawang putih, Rabu 08/05/2019.

Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun bekerjasama dengan Balai Pelatihan Pertanian Jambi adakan pelatihan teknis tematik bawang putih. Acara yang diadakan di Balai Penyuluhan Pertanian Tiga Runggu ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 6 – 8 Mei 2019.

Pada acara pembukaan hari Senin tanggal 6 Mei 2019 pukul 09.00 wib dihadiri oleh Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian kabupaten Simalungun, Syahril, SE. MM, Koordinator BPP Tiga Runggu, Jasarman Purba dan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi yang diwakili oleh Widyaiswara Ahli Madya Binsar Simatupang, SP. MP.

Uniknya disaat pembukaan Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun menyampaikan kata sambutannya dengan menggunakan bahasa batak. Ini membuat sebagian peserta dan panitia tertawa, senyum serta bingung dengan sambutan kabid tersebut. Sementara itu Binsar Simatupang dalam sambutannya menitikberatkan kepada pengembangan kompetensi di bidang budidaya tanaman bawang putih.

Foto bersama peserta pelatihan tematik bawang putih di Simalungun sebelum menuju kelokasi praktek [sumber photo : syairatman]

Pelatihan teknis tematik bawang putih ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari 3 kecamatan yaitu, kecamatan haranggaol, kecamatan silima kuta dan kecamatan purba. Peserta merupakan petani penerima manfaat bantuan pengembangan bawang putih tahun 2018 dan 2019. Pada hari pertama peserta mendapatkan bekal materi melakukan persiapan benih bawang putih oleh Nasip Hutasoit, SP. MSi dan Marulak Situmorang, SP.

Kemudian dihari kedua, Nasip Hutasoit, SP.MSi beserta Misdi, SP memaparkan materi tentang melakukan pemupukan. Dan di hari ketiga Dorkas Parhusip, SP dengan Nurpide Sihombing, SP memberikan materi mengenai pengendalian hama dan penyakit tanaman bawang putih.

Dalam pelatihan ini peserta mengharapkan peningkatan kompetensi tentang budidaya bawang putih dimana ilmu budidaya bawang putih masih awam bagi mereka sehingga nantinya peningkatan profitas bawang putih dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan menjadikan Simalungun sebagai sentra bawang putih di Sumatera. (TIM)

Baca juga  BBP JAMBI HADIR DALAM MISI REGENERASI PETANI CABE DI KABUPATEN SIAK
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru