email : oerban.com@gmail.com

30.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Dorongan Pengesahan RUU Pemasyarakatan Semakin Kuat, Taufik Basari: Kuncinya di Pemerintah

Populer

Jakarta, Oerban.com – Dorongan pengesahan RUU Pemasyarakatan (PAS) semakin kuat menyusul tragedi kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten, Rabu (8/9). DPR menargetkan pembahasan RUU tersebut bisa dilaksanakan secepatnya.

“Ini jadi momentum yang sangat baik untuk membicarakan kembali RUU KUHP, UU Pemasyarakatan (PAS), dan RUU Narkotika,” ujar anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Taufik Basari, Senin(13/9).

Legislator NasDem itu mengatakan, evaluasi Prolegnas 2021 akan dilakukan pada September ini. Pengesahan RUU PAS tergantung pada evaluasi tersebut.

“Namun, tetap kuncinya di pemerintah. Kalau diprioritaskan pemerintah, bisa masuk Prolegnas 2021, tapi kalau harus ditunda, berarti baru tahun 2022,” imbuhnya.

Sosialisasi akan terus digaungkan guna meluruskan kontroversi di masyarakat seolah lapas menjadi tempat balas dendam. Wakil rakyat dari Dapil Lampung I (Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Pringsewu, Pesisir Barat) itu menilai RUU PAS menekankan pada pembenahan sistem lapas.

Ada tiga hal yang didorong dalam RUU PAS. Penegakkan sistem korektif, rehabilitatif, dan restoratif. RUU ini akan meluruskan paradigma masyarakat yang menganggap lapas adalah ajang balas dendam dan penuh kekerasan.

Baca juga  32 Tahun Peristiwa Talang Sari Dan Ketiadaan Komitmen Penuntasan Dari Pemerintah

Sebelumnya, RUU KUHP dan RUU PAS sudah mencapai tahap finalisasi pada 2020. Namun, pengesahannya ditunda karena ada beberapa pasal yang kontroversial menurut masyarakat.

Editor: Renilda Pratiwi Yolandini

Baca juga  Pimpinan DPR Minta Pemerintah Mengkaji Lebih Dalam Soal Wacana Naiknya PPN
- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru