email : oerban.com@gmail.com

25.1 C
Jambi City
Senin, Desember 4, 2023
- Advertisement -

Erdogan: Turki Siap Bantu Membangun Kembali Gaza jika Gencatan Senjata Tercapai

Populer

Ankara, Oerban.com – Turki akan melakukan upaya untuk membangun kembali infrastruktur yang rusak, rumah sakit dan sekolah di Gaza jika gencatan senjata tercapai di sana, kata Presiden Recep Tayyip Erdońüan pada hari Sabtu.

“Jika gencatan senjata tercapai, kami akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mengkompensasi kehancuran yang disebabkan oleh Israel,‚ÄĚ kata Erdońüan kepada wartawan di pesawatnya setelah kembali dari perjalanan ke Berlin, tempat ia mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Jerman.

‚ÄúKami akan melakukan upaya untuk membangun kembali infrastruktur yang rusak di Gaza dan membangun kembali sekolah, rumah sakit, fasilitas air dan energi yang hancur,‚ÄĚ katanya.

Baca juga: Soal Pembantaian Sekolah di Gaza, Ini Pernyataan Hamas terkait Perbuatan Israel

Serangan Israel telah merusak infrastruktur penting, rumah sakit, dan sekolah. Jumlah warga Palestina yang tewas di Jalur Gaza telah meningkat menjadi 12.300 sejak dimulainya perang, sementara ribuan lainnya dilaporkan hilang.

Sejauh ini, ini adalah jumlah kematian tertinggi di antara warga Palestina selama perang dalam sejarah konflik Israel-Palestina dan terjadi di tengah serangan udara dan darat Israel, dengan tujuan untuk melenyapkan Hamas dan Jihad Islam.

Pemboman udara besar-besaran Israel di Gaza dimulai setelah Hamas melancarkan operasi mendadak terhadap komunitas di Israel selatan dekat perbatasan Gaza, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang, pada 7 Oktober.

Meningkatkan kesadaran

‚ÄúLangkah yang tepat untuk diambil di Gaza adalah memastikan gencatan senjata sesegera mungkin dan prioritas kami adalah membangun perdamaian permanen bersamaan dengan gencatan senjata,‚ÄĚ tegas Erdońüan.

Erdońüan mengatakan dukungan Turki terhadap perjuangan Palestina memastikan bahwa suara warga Gaza didengar di seluruh dunia.

‚ÄúDukungan penuh Turki terhadap perjuangan Palestina yang adil memastikan suara saudara-saudari kita di Gaza didengar.¬†Kami menyadari tanggung jawab historis kami dan bertindak sesuai dengan itu,‚ÄĚ Presiden menggarisbawahi.

Baca juga  BeŇüiktaŇü dan Adana Demirspor Melaju di Babak Kualifikasi Europa Conference League

Dia mengatakan deklarasi akhir pertemuan puncak gabungan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Liga Arab di Riyadh yang diadakan baru-baru ini dibentuk oleh ‚Äúsaran dan tesis kami.‚ÄĚ

‚ÄúSaya menganggap ini sangat berharga.¬†Sekarang seluruh dunia melihat apa yang dikatakan Turki pada hampir setiap isu,‚ÄĚ tambahnya.

Dalam komunike terakhir KTT Arab-Islam, negara-negara Muslim menyerukan segera diakhirinya aksi militer Israel di Gaza, menolak pembenaran Israel atas tindakannya terhadap warga Palestina sebagai bentuk pembelaan diri.

Selain memberikan bantuan kemanusiaan dan meningkatkan diplomasi,¬†Turki juga berupaya menengahi krisis penyanderaan.¬†Erdońüan mengatakan keluarga warga Israel yang disandera oleh Hamas telah mengiriminya surat yang meminta agar ia turun tangan untuk menjamin pembebasan mereka, dan ia meyakinkan bahwa badan intelijen Turki telah diaktifkan untuk menyelidiki masalah ini.

Kemungkinan kejahatan perang

Erdońüan juga mengatakan ada ‚Äúbanyak bukti‚ÄĚ untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah Israel di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

‚ÄúAda banyak bukti yang membuat pemerintah Israel diadili di Pengadilan Kriminal Internasional.¬†Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk menghukum kejahatan ini secara tidak memihak.‚ÄĚ

‚ÄúDengan lebih dari 2.000 pengacara, kami akan mengajukan pengaduan tentang genosida ini ke institusi terkait.¬†Kami akan menindaklanjutinya karena kami tidak bisa menyerah dalam hal ini.¬†Mereka harus bertanggung jawab,‚ÄĚ kata Erdońüan pada pertemuan dengan organisasi mahasiswa di Istanbul pada hari Sabtu.

‚ÄúKejahatan ini jelas perlu ditindaklanjuti di tingkat internasional, diselidiki, dan para penindas harus menerima hukuman yang setimpal,‚ÄĚ kata Erdońüan, mengacu pada serangan Israel yang tak henti-hentinya terhadap warga Palestina di Gaza.

Dia juga mengkritik sikap Barat terhadap konflik yang sedang berlangsung di Gaza.

‚ÄúBarat, yang terikat oleh cita-cita imperialis tentara salib, bersatu.¬†Sayangnya, saya menyaksikan ini selama kunjungan saya ke Jerman.¬†Presiden Jerman mencerminkan pola pikir yang sama,‚ÄĚ kata Erdońüan.

Baca juga  Turki Luncurkan Satelit Observasi Beresolusi Tinggi Pertama ke Luar Angkasa

Erdońüan mengatakan dia mengatakan kepada Kanselir Jerman Olaf Scholz bahwa Ankara sedih melihat Jerman sebagai salah satu negara yang abstain dari resolusi Majelis Umum PBB yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza.

Badan dunia yang beranggotakan 193 negara itu mengadopsi resolusi tidak mengikat pada 27 Oktober melalui pemungutan suara 120-14 dengan 45 abstain. Perancis menyetujui tindakan tersebut; Jerman, Italia, dan Inggris abstain, sementara Austria dan AS menentangnya.

Erdońüan menambahkan bahwa Israel, melalui kebohongan, mencoba melegitimasi serangannya terhadap Gaza.¬†‚ÄúHari ini, sekali lagi, dengan dalih yang dibuat-buat, mereka mencoba merasionalisasi kejahatan perang yang mereka lakukan di Gaza.‚ÄĚ

Dia juga berbicara tentang ketidakpuasan yang terus berlanjut terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang menghadapi peningkatan pengawasan atas kegagalannya mencegah serangan Hamas pada 7 Oktober. Dia mengatakan tindakan Netanyahu berdampak signifikan terhadap negaranya dan dunia.

‚ÄúMudah-mudahan Israel akan menyingkirkannya, dan seluruh orang Yahudi di dunia akan menyingkirkannya.¬†Saat ini, 60%-70% warga negaranya menentang Netanyahu.‚ÄĚ

Sumber: Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru