FONTERRA BRAND NEWZEALAND GANDENG P4S PERMATA IBU

oleh
Pihak Fonterra serahkan produk susu brand Fonterra kepada perwakilan P4S Permata Ibu [sumber photo : ridwan]

Padang Panjang, Oerban.com – PT. Fonterra Brand yang berpusat di Newzealand lakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Padang Panjang guna mengembangkan produksi susu dan pengolahan hasil susu yang telah diproduksi oleh para petani. Umumnya para petani tersebut berada dalam group Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Permata Ibu.

Penanda Tanganan MoU di Balai Kota Padang Panjang [senin/12/3/2018]
P4S Permata Ibu sendiri menjadi satu-satunya P4S yang berpredikat kelas utama, ini menandakan jika kualifikasi dan kapabilitasnya tidak diragukan lagi mewakili P4S yang lain dalam menjalin kerjasama.

Setiap pagi para petani mengantarkan hasil perahan susunya ke P4S Permata Ibu untuk di proses lebih lanjut menjadi minuman segar, yoghurt, dan minuman kemasan lainnya yang diedarkan baik di dalam kota Pandang Panjang maupun keluar kota. Saat ini sebaran pemasaran susu olahan dari P4S Permata Ibu sudah merambah ke Provinsi Riau dan Provinsi Jambi.

Produksi susu segar perhari mencapai 1300 liter dengan total sapi perah sekitar 300 ekor sapi. Jika hal ini terus dipacu maka bukan tidak mungkin kota Padang Panjang akan menjadi sentra pengolahan susu terbesar di Sumatera.

Dengan adanya MoU kerjasama ini diharapkan kota Padang Panjang semakin serius dalam mengembangkan produksi susu sapi perah untuk dikembangkan pada produk-produk turunan lainnya. Dismaping juga menjadi sentra pengembangan sapi perah untuk wilayah Sumatera.

Dan tentunya P4S yang ada di Kota Padang Panjang mendapat perhatian yang lebih intens dari pemerintah kota agar terpacu semangat dan semakin giat bekerja.