email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Ibu Kota Arab Saudi Terpilih Menjadi Tuan Rumah World Expo 2030

Populer

Oerban.com – Riyadh, ibu kota Arab Saudi, pada hari Selasa dipilih untuk menjadi tuan rumah World Expo 2030 menyusul upayanya yang berkonsentrasi pada pembentukan masa depan yang sejahtera dan berkelanjutan, mengalahkan Roma dan kota pelabuhan Busan di Korea Selatan dalam acara yang diproyeksikan akan menarik jutaan pengunjung.

Anggota Bureau International des Expositions yang berbasis di Paris memilih Riyadh dengan mayoritas 119 dari 165 suara dalam pertemuan tertutup di pinggiran Issy-les-Moulineaux. Busan mendapat 29 suara dan Roma 17. Hasilnya disambut sorak-sorai delegasi Saudi.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, menyambut baik pemungutan suara tersebut sebagai “ekspresi kepercayaan masyarakat internasional terhadap apa yang kami tawarkan… namun juga sejalan dengan visi kami sendiri (untuk) tahun 2030 dan segala hal yang berkaitan dengannya.” yang kami dukung, yang merupakan jalan bersama menuju kemakmuran bagi semua negara di dunia.”

Baca juga: Pameran Halal OKI Dibuka di Istanbul

“Kami berkomitmen untuk memenuhi harapan dan menyelenggarakan pameran yang luar biasa,” ujarnya.

Rencana Saudi mencakup jaringan angkutan umum besar dan ruang bundar futuristik dengan taman umum, fasilitas e-game, panggung pertunjukan berskala besar, dan tempat olahraga. Proyek ini mencakup fokus pada “percepatan inovasi” untuk melestarikan ekosistem alami.

“Warisan Riyadh Expo 2030 akan melampaui bangunannya,” tambah Pangeran Faisal, menjanjikan arsitektur yang “fantastis”. “Kami adalah tentang sebuah perjalanan, sebuah perjalanan yang menyatukan dunia… Jadi itu akan menjadi warisan, bekerja sama untuk masa depan yang lebih cerah dan sejahtera.”

Arab Saudi berharap Expo ini akan mendatangkan 40 juta pengunjung ke ibu kotanya.

Dengan pertaruhan yang tinggi, masing-masing kota meningkatkan upaya kampanyenya, menampilkan visi unik dan janji ambisius untuk mengamankan hak atas acara bergengsi global tersebut.

Baca juga  Tekan Angka Kemiskinan, La Nyalla Minta Kelompok Rentan Dapat Pelatihan

Arab Saudi melancarkan kampanye pemasaran yang signifikan, menampilkan pameran “Riyadh 2030” di dekat Menara Eiffel dan iklan ekstensif di seluruh Paris. Tawaran Saudi, yang berupaya mendiversifikasi perekonomian kerajaan dan meningkatkan status internasionalnya, mendapat dukungan resmi dari Presiden Prancis Emmanuel Garis makron.

Dalam sebuah pernyataan, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman menyebut Expo ini sebagai kesempatan untuk memperluas rencana pembangunannya, yang bertujuan untuk secara perlahan mengubah perekonomian kerajaan yang didominasi minyak seiring dengan upaya Riyadh untuk mendorong lebih banyak proyek konstruksi.

Dubai, yang mengadakan Expo 2020 yang sempat tertunda karena pandemi pada tahun 2021, kini menggunakan situsnya yang bernilai $7 miliar untuk menjadi tuan rumah pembicaraan iklim COP28 PBB minggu ini. Arab Saudi berencana menghabiskan sekitar $7,8 miliar untuk membangun lokasi Expo.

“Arab Saudi telah menjadi tujuan ideal untuk menjadi tuan rumah acara internasional besar, termasuk World Expo yang bergengsi,” kata pangeran tersebut dalam sebuah pernyataan di Saudi Press Agency yang dikelola pemerintah.

Keputusan itu juga diambil karena Arab Saudi sudah pasti menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 putra.

Roma telah merekrut aktor Russell Crowe, yang muncul dalam video promosi yang menggemakan persona “Gladiator” -nya, untuk menggarisbawahi kesiapan kota tersebut untuk Ekspo. Tawaran Roma mencakup rencana untuk taman surya perkotaan terbesar di dunia dan koridor hijau yang menghubungkan lokasi Ekspo dengan tempat bersejarah. landmark seperti Appia Antica (Appian Way), salah satu jalan tertua dan terpenting di Kekaisaran Romawi.

Kota pelabuhan Busan di Korea Selatan telah mendatangkan tokoh-tokoh budaya terkemuka seperti rapper “Gangnam Style” Psy dan supergrup K-pop BTS untuk meningkatkan tawarannya. Kota ini memposisikan dirinya untuk Pameran teknologi tinggi, yang menekankan kemampuannya dalam kecerdasan buatan dan 6G. teknologi dengan tujuan menarik jutaan pengunjung dan memacu penciptaan lapangan kerja.

Baca juga  Ukraina dan Turki siap Meratifikasi Perjanjian Perdagangan Bebas

Di Korea Selatan, Presiden Yoon Suk Yeol mengucapkan selamat kepada Arab Saudi sekaligus meminta maaf karena gagal membawa Expo tersebut ke negaranya.

“Saya benar-benar mengucapkan selamat kepada mitra utama kami, Arab Saudi, karena berhasil mewujudkan Riyadh Expo seperti yang diharapkan,” kata Yoon pada hari Rabu dalam pidato yang disiarkan televisi di Seoul. “Sebagai presiden yang mengawasi dan bertanggung jawab atas kampanye kami untuk menjadi tuan rumah Expo, saya akan mengucapkan selamat kepada Anda. ingin mengatakan sekali lagi bahwa saya benar-benar minta maaf karena telah mengecewakan rakyat kami, termasuk warga Busan.”

World Expo memiliki sejarah panjang dalam mempertemukan negara-negara untuk memamerkan inovasi teknologi dan pencapaian budaya. Sejak acara perdananya pada tahun 1851, Expos telah menjadi platform untuk memperkenalkan penemuan-penemuan inovatif seperti bola lampu, kincir ria, dan Menara Eiffel itu sendiri, yang dibangun untuk Exposition Universelle tahun 1889.

Peristiwa-peristiwa ini telah berkembang tidak hanya menjadi perayaan atas kecerdikan manusia namun juga peluang bagi kota tuan rumah untuk mengkatalisasi pertumbuhan ekonomi dan pengakuan global.

Umumnya diadakan setiap lima tahun sekali, dan tahun berikutnya dijadwalkan di Osaka, Jepang, pada tahun 2025.

Sumber: Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru