email : oerban.com@gmail.com

27.3 C
Jambi City
Jumat, Desember 2, 2022
- Advertisement -

Kandungan Buah Sawo dan Manfaatnya

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Sahabat, tahukah kamu dengan buah sawo? Buah ini tidak asing lagi di Indonesia. Tidak heran istilah kulit sawo matang itu mengacu pada warna dari buah sawo ini. Buah ini juga memiliki beragam penyebutan, seperti di negara Inggris,tanaman ini memiliki lebih dari 1 macam nama yaitu chickle gum, commonnaseberry, sapodilla, chicle tree, naseberry. Kemudian di negara Jerman, sawo juga memiliki banyak nama yaitu Breiapfelßaum, Sapodilla,Kaugummißaum. Di Indonesia sendiri, sawo dikenal dengan nama sawolondo, ciku dan sawo manila. Namun, suku Jawa lebih sering menyebut sawomanila dengan sebutan sawo londo.

Sawo banyak tumbuh di negara Amerika bagian tengah, Meksiko, dan Karabia, namun saat ini sudah banyak dibudidayakan hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Buah dengan nama latin Manilkara zapota ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur daging buah yang lembut dan memiliki kulit dan daging buahnya berwarna coklat. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi untuk tubuh. 

Dilansir dari laman hellosehat.com, buah ini memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

Air: 75,5 gram

Energi: 92 Kalori

Lemak: 1,1 gram

Karbohidrat: 22,4 gram

Serat: 9,5 gram

Kalsium: 25 miligram

Fosfor: 12 miligram

Baca juga  Beberapa Jajanan yang Umumnya Ditemui Saat Ramadhan

Natrium: 26 miligram

Kalium: 110,2 miligram

Beta karoten: 111 mcg

Vitamin C: 21 miligram

Sahabat bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau diolah menjadi jus, selai atau topping makanan.

Selain itu, buah sawo juga memiliki banyak manfaat, seperti dapat melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, menangkal radikal bebas, dapat meredakan radang dan demam, anti inflamasi, baik untuk kesehatan mata, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sahabat bisa mendapatkan buah sawo di tempat penjualan ketika musimnya tiba. Jika sahabat memiliki pohon sawo di rumah, buah sawo ini dapat dipanen bentuknya sudah agak membesar dan mendekati tua. Agar cepat matang saat dipetik, ambillah buah sawo dari pohonnya, jika menggunakan galah usahakan agar tidak jatuh pecah, ya, sahabat. Sebab, jika pecah dan ditunggu hingga matang buahnya akan terasa asam. Buah sawo yang telah dipetik, lalu dicuci untuk dibersihkan bagian kulit luarnya. Lalu, keringkan buah sawo, dan tutup dengan kain bersih. Biasanya, buah sawo tersebut akan matang setelah 4-7 hari.

Baca juga  Ramuan Kecantikan Perempuan Indonesia

Editor : Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru