email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

MAGANG MULTI MANFAAT, BPP JAMBI AKHIRI PROSES MAGANG MAHASISWA STIP MUARO BULIAN

Populer

Muaro Jambi, Oerban.com – Selain sebagai lembaga yang melaksanakan kegiatan pelatihan, BPP Jambi juga menjadi tempat permagangan bagi siswa maupun mahasiswa. Hal ini tidak lain sebagai pelaksanaan layanan lembaga publik. Tadi siang baru saja melaksanakan ujian bagi peserta magang Endek, Dedi Ardianto, Maria Hotriawati Br Purba, dan Meri Gustia Putri yang berasal dari STIP Graha Karya (GK) Muaro Bulian Jurusan Agribisnis sebagai akhir dari proses permagangan. Pelaksanaan magang sendiri telah berlangsung sejak tanggal 25 Februari 2019. (24/04/2019)

Selama 2 bulan magang di Teaching Factory (Tefa) milik BPP Jambi, para mahasiswa ini diberikan pengenalan di unit-unit pembelajaran yang ada, diantaranya unit lahan palawija, hortikultura, lahan sawah, multimedia dan buah naga, budidaya jamur tiram, serta budidaya tanaman karet dan sawit.

Setelah pelaksanaan magang, dilakukan proses evaluasi. Mereka melakukan presentasi didepan pimpinan dan widyaiswara BPP Jambi. Banyak masukan yang diberikan oleh widyaiswara sebagai penilai. “Harus ada masukan untuk Balai yang berkenaan dengan teknologi dan inovasi” ujar Dr. Ir. Joni Jafri, M.Sc selaku salah seorang widyaiswara BPP Jambi.

Peserta magang sedang panen kangkung hasil budidaya yang dilakukan selama magang [sumber photo : lian]

Hal senada juga disampaikan oleh Yakmar, SP., MP. “Setelah melakukan magang, harapan kita agar ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan baik di kampus maupun di lingkungan masyarakat” paparnya. Selain, itu masukan dan saran juga diberikan oleh Puguh Nugroho, S.ST, terkait dengan bahan presentasi ataupun kegiatan lapangan yang telah dilakukan.

Selain melakukan magang, pihak BPP Jambi juga memberikan lahan percobaan untuk membudidayakan tanaman kangkung. Kegiatan tersebut dimulai dari persiapan lahan, penanaman benih, pemeliharaan, panen, dan pemasarannya. “Sesuai dengan harapan kita, mahasiswa STIP GK yang sedang magang ini tidak hanya mengikuti unit pembelajaran namun juga belajar budidaya tanaman dan melakukan analisa usahataninya” ungkap Kasubbag TU, Nugroho Setyowibowo, S.Si., M.Si.

Baca juga  LATIH WARGA BINAAN LAPAS KELAS II B MUARO JAMBI DI BIDANG BISNIS PETERNAKAN, BAPELTAN JAMBI PAPARKAN SIKOMANDAN

Dengan diberikannya lahan percobaan, para mahasiswa tersebut juga dapat menikmati hasil usahanya dengan menjual hasil panennya, sehingga memberikan pemasukan selama proses magang. Ini adalah multi manfaat dari proses magang di BPP Jambi. (TIM)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru