email : [email protected]

25 C
Jambi City
Minggu, Maret 3, 2024
- Advertisement -

MESKI DARI KELUARGA KURANG MAMPU, MAHASISWA BIDIK MISI INI TAK KALAH HEBATNYA DENGAN MAHASISWA LAIN

Populer

Muaro Jambi, Oerban.com – Joni Iskandar (20th) merupakan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2016 yang memiliki segedung prestasi. Putra kelahiran Sarolangun ini adalaah Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi UNJA 2016. Tepat pada selasa (25/092018) ia mengikuti lomba Festival Bidikmisi Nasional Debat bahasa Indonesia dan Pidato yang diadakan di UIN Alauddin Makassar. Acara tersebut diikuti oleh 152 peserta dari 52 Universitas yang ada di Indonesia.

Disana bersama tim nya, ia mampu membawa pulang piala cabang lomba Debat Nasional dengan meraih juara 2 Nasional mengalahkan Universitas ternama seperti UGM, UNHAS, UNSRI dan kampus berkelas lainnya.

Tidak hanya itu, ia juga berhasil memenangkan lomba pidato dengan meraih harapan 2 nasional. Merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya yang berlatar belakang dari keluarga kurang mampu. Putra dari Bapak Zulkifli dan Ibu Zainab ini memang memiliki koleksi prestasi yang hebat, baik skala provinsi maupun nasional. Ia selalu berusaha mengoptimalkan apa yang ada dalam dirinya agar bisa berproses menjadi lebih baik. “Juara itu hanyalah sebagai titel. Dan itu merupakan bonus bagi saya”. Bermimpi menurut sebagian orang tidaklah dibutuhkan, tapi bagi dirinya memiliki mimpi sangat diperlukan “Ketika kita memiliki mimpi, yang tak kalah penting adalah memiliki tujuan untuk mengoptimalkan mimpi kita, ketika kita punya mimpi tapi kita tidak mempunyai keberanian untuk mewujudkannya maka mimpi kita akan gagal. Jadi ada sinkronisasi antara mimpi dan tujuan” ketika kita berani bermimpi maka kita harus berani mewujudkan, ungkapnya.

Ketika mendekati hari keberangkatannya lomba di Makassar, ia tidak memiliki cukup uang untuk kesana, bahkan untuk meminta kepada orangtuanya, ia tak mempunyai keberanian karena ia memang tidak ingin membebani orangtuanya. Untungnya mereka diberikan uang saku dari pihak Universitas sehingga mereka optimis untuk bisa menjadi juara pada festival Bidik Misi Nasional.

”Kita harus banyak mencari pengalaman yaitu dengan banyak mengikuti lomba. Untuk mengukur hasil itu tentu dari hasil percobaan. Kalau kita belum mencoba mana tau hasilnya bisa atau tidak. Siapa tau dengan kita mencoba nantinya akan berhasil. Itu merupakan suatu anugerah bagi saya”.

Joni menambahkan, untuk menjadi pribadi yang berprestasi kita harus banyak mencari pengalaman, banyak mencari teman diskusi, dan banyak mencari info lomba – lomba dan kita harus mengikuti entah itu berhasil atau tidaknya itu merupakan proses dan yang terpenting bagaimana kita bisa menikmati proses tersebut dan menjadi pribadi yang lebih berkualitas. (RPY)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru