YUK SEHAT, CARA JITU MASYARAKAT JEPANG

oleh

Shiawasena dokusho (selamat membaca)

Sehat itu mahal, sakit itu mudah. Jika nafsu tidak bisa terkendalikan, maka yang hadir adalah ketidakseimbang.
Siapa sih yang tidak tau dengan negara jepang, negara 4 musim ini banyak memiliki keunikan disetiap kehidupannya. Salah satunya ini gaya hidup orang jepang yang menyehatkan

Dalam hal ini, terkadang kita susah mencari makanan yang baik untuk kesehatan, apalagi yang sangat menyukai bahkan menjadi negara impian (Jepang), sempat mencari apasih kesukaan orang jepang? Hobby nya? Bahkan makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Nah ini, jawabannya. Yuk dibaca, semoga bermanfaat.

1. Membatasi yang Manis
Gaya hidup orang Jepang yang membuat mereka terus sehat adalah mereka membatasi makanan dan minuman manis. Orang Jepang hanya mengkonsumsi 48,8 gram gula per hari dan lebih memilih buah-buahan atau teh hijau sebagai makanan penutup sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

2. Konsumsi Rumput Laut
Rumput laut adalah salah satu makanan yang memiliki zat antioksidan tinggi. Selain itu, rumput laut bermanfaat menghambat penyerapan lemak dalam tubuh meningkatkan pengolahan lemak dalam tubuh hingga 4 kali lipat, maka cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Rumput laut salah satu makanan kesukaan orang jepang, jadi tidak heran, kalau orang jepang mengkonsumsinya.

3. Tidak Menunggu Kenyang
Orang Jepang mempunyai prinsip “Hara hachi bu” yang artinya “Makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Makan dengan perlahan juga akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Kebiasaan inilah yang membuat orang Jepang memiliki berat badan ideal dan sehat. Ingin memiliki berat badan ideal? Kamu harus coba gaya hidup yang satu ini, ladies!

4. Selalu Konsumsi Ikan
Orang Jepang mengkonsumsi ikan 100 gram per hari. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan jantung. Ini bantyak yang saya temukan di film film jepang, selalu ada ikan.

5. Selalu Berjalan Kaki
Inilah salah satu kebiasaan orang Jepang yang masih ada sampai saat ini. Berjalan kaki setiap pergi kemana saja, entah itu ke sekolah, kantor ataupun hanya sekedar ke taman. Tentu sudah tahu kan ladies manfaat berjalan kaki untuk kesehatan?

6. Selalu Mengonsumsi Sayuran dan Istirahat Cukup
Hampir dalam seluruh menu makanan Jepang pasti menyisipkan sayuran di dalamnya. Selain memakan sayuran, orang Jepang juga selalu menyempatkan waktu untuk beristirahat, tidak membuang-buang waktu untuk sekedar bermain setelah seharian beraktivitas. Gaya hidup orang Jepang inilah yang terus membuat kesehatan dan kebugaran mereka terjaga.

7. Makan Tofu
Orang Jepang sangat menyukai yogurt, acar dan tofu atau tahu sebagai menu tambahan makan siang. Bakteri baik pada yogurt dan acar memiliki manfaat positif untuk kesehatan pencernaan. Kandungan isoflavon dalam tofu sangat baik untuk hormon dan mencegah penyakit osteoporosis saat wanita memasuki masa menopause.

8. Karbohidrat Bukan Hanya Dari Nasi
Gaya hidup orang Jepang yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi karbohidrat bukan hanya dari nasi. Tidak hanya mengonsumsi nasi, orang Jepang juga memiliki banyak sumber karbohidrat lain seperti kentang, ubi, udon (mie dari beras), soba (mie dari tepung gandum) dan sereal.

9. Mengolah Makanan Sebentar Saja
Mengolah makanan dalam waktu yang singkat dapat mempertahankan gizi yang terdapat di dalam bahan masakan agar tidak hilang dan meminimalkan terbentuknya radikal bebas dari proses memasak. Hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.

Penulis: Muthia Arahmah
(Dari berbagai sumber)