email : oerban.com@gmail.com

24.7 C
Jambi City
Rabu, Januari 20, 2021
- Advertisement -

NIKMATNYA KERUTUP IKAN NILA KHAS JAMBI

Populer

renilda pratiwi yolandinihttps://www.oerban.com
Renilda Pratiwi Yolandini merupakan FinMartEd (Finansial, Marketing, dan Editor) di Oerbanesia. sedang menempuh pendidikan di FKIP UNJA (S1) dan mulai tergabung di Oerbanesia pada tahun 2018.

Kota Jambi, Oerban.com – Olahan ikan merupakan salah satu panganan yang banyak dijumpai di berbagai tempat. Kondisi Indonesia yang memiliki perairan cukup luas memungkinkan banyaknya jenis ikan sebagai salah satu sumber protein untuk seluruh masyarakat. Ikan juga mengandung berbagai kandungan yang berguna bagi tubuh seperti vitamin D, kalsium, yodium, serta memiliki sedikit lemak jenuh.

Salah satu jenis ikan yang banyak diminati adalah ikan nila. Dikutip dari laman klikdokter.com, ikan nilai ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya memperkuat tulang, membantu menjaga kesehatan imun tubuh, mengandung asam lemak tinggi, sumber protein, serta menangkal radikal bebas.

Di provinsi Jambi, terdapat salah satu masakan dari olahan ikan nila yang khas bernama Kerutup Nila. Berbeda dengan Kerutup Nila pada umumnya, bumbu serta cara memasaknya pun khas. Berikut tata cara memasak Kerutup Nila Khas Jambi yang biasanya penulis saksikan di berbagai acara di Jambi.

Alat dan bahan

1 ekor ikan nila

Baca juga  Apa Kabar Khabib Nurmagedov, Kini Latih Anak-anak di Kampungnya

5 siung bawang putih

1 ruas Jahe ukuran kecil

3 butir kemiri

Lada putih secukupnya

5 buah cabai rawit

Garam secukupnya

Cara memasak

Bersihkan ikan nilai dari sisik dan ekornya. Haluskan bawang putih, jahe, kemiri, lada, cabai dan garam. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam perut ikan nila yang telah dibersihkan. Goreng pada minyak panas dengan api kecil, tutup jika perlu. Tunggu hingga bagian satu dan lainnya matang. Balik secara perlahan, setelah kedua bagian matang merata, angkat ke dalam wadah. Kerutup Nila siap disantap bersama keluarga.

Anda juga bisa melengkapinya dengan cocolan yang terdiri dari cairan asam Jawa, irisan bawang merah, cabe rawit yang dipotong kecil, garam, penyedap rasa yang disiram dengan air panas. Dapat pula ditambah dengan lalapan sesuai selera. Kerutup Nila Khas Jambi ini juga sangat cocok dimakan bersama nasi panas, selamat mencoba.

Baca juga  Agri Training Camp

Penulis: Novita S

Editor: Renilda PY

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru