email : [email protected]

23.7 C
Jambi City
Senin, Maret 4, 2024
- Advertisement -

PELATIHAN TEMATIK PETANI PADI ANGKATAN I, BAPELTAN JAMBI BUKTIKAN DUKUNG PROGRAM KOSTRATANI

Populer

Sungai Penuh, Oerban.com – Dalam rangka mendukung Program Kostratani, Balai Pelatihan Pertanian Jambi terus berupaya melakukan manuver peningkatan SDM Pertanian dalam bentuk pelatihan, khususnya  melalui Pelatihan Tematik bagi Petani Tanaman Padi Angkatan I. Kegiatan ini dilakukan di Kota Sungai Penuh bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP). Kegiatan ini dilakukan di Balai Pelatihan Pertanian Tanah Kampung selama 3 hari dari tanggal 19 s/d 21 Februari 2020. Peserta pelatihan berjumlah 30 orang merupakan Petani/Kelompok Tani yang berasal dari beberapa wilayah potensi tanaman padi.
 
Kata sambutan Kepala Dinas TPHP Kota Sungai Penuh yang diwakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura mengatakan bahwa lahan sawah di Kota Sungai penuh cukup luas “Lahan padi sawah di Kota Sungai Penuh berdasarkan hasil ukuran bersama BPS dan BPN mencapai 3.555 Ha dengan produktivitas rata-rata mencapai 6,032 Ton/Ha” Kata Meifendri.
 
“Melalui kerjasama pelatihan ini diharapkan peningkatan SDM petani/kelompoktani berdampak terhadap peningkatan rata-rata produktivitas padi sawah di Kota Sungai Penuh yang pada saat ini mencapai 6,032 Ton/Ha” tambahnya.
 
Perwakilan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi sekaligus sebagai Penjamin Mutu Pelatihan, Puguh Nugroho dalam sambutannya menyatakan bahwa pelatihan tematik ini ditujukan untuk pengembangan SDM Pertanian Non Aparatur. “Kurikulum disusun berdasarkan kebutuhan/permasalahan petani terhadap teknis budidaya padi sawah” kata widyaiwara BPP Jambi ini.
 
“Kegiatan pelatihan ini sejalan dengan Program Kostratani, sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian (Center of Excellence) di tingkat kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dapat lebih maju, mandiri dan modern dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional” ungkapnya didampingi koordinator Penyelenggara Pelatihan Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Lusizulmei Darni.
 
Materi tematik dalam kelompok Inti yang disampaikan adalah melakukan Penanaman dan Pemeliharaan padi sawah oleh fasilitator Novi Hardinal dan Suwardi. Kemudian dilanjutkan dengan praktek yaitu melakukan pola tanam Jajar Legowo 4:1, melakukan Pemupukan, serta Pengendalian Hama dan Penyakit pada tanaman padi sawah dengan lokasi lahan praktek di Desa Simpang Tiga Rawang.
 
Melalui pelatihan tematik peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang update teknologi budidaya padi sawah sehingga diharapkan sikap peserta menerapkan hasil pelatihan dilapangan untuk mengoptimalkan produktivitas padi sawah yang berdampak pada peningkatan ketersediaan pangan khususnya Kota Sungai Penuh. Selama acara pembukaan, turut hadir para Pejabat Struktural Dinas Pertanian, Koordinator BPP, para Penyuluh Pertanian, dan panitia dari Balai Pelatihan Pertanian Jambi. Bersama Kita Bisa!

Baca juga  Berikan Kuliah Umum, Kepala BPPSDMP Kementan sebut Pemuda Andalan Pertanian Masa Depan

Penulis: Puguh
Editor: Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru