email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

Perdana, ICMI Kota Jambi Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Sampah Jadi Barang Berguna

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah Kota Jambi melaksanakan kegiatan pelatihan Pemanfaatan Limbah Sampah pertama kalinya setelah pencanangan sekolah bank sampah ICMI Orda Kota Jambi oleh Plt. Walikota Dr. dr. Maulana 4 November 2023 lalu.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di sekretariat sekolah bank sampah ICMI Orda Kota Jambi di Jalan Syamsu Bahrun RT 19 Kelurahan Payo Lebar Kecamatan Jelutung Kota Jambi, pada Minggu 19 November 2023 sekitar pukul 09.30 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Pelatihan ini merupakan komitmen ICMI dalam menunjang program Pemkot terutama dalam pemanfaatan limbah sampah yang bisa didaur ulang sehingga persoalan sampah bisa diurai dari tingkat rumah tangga.

Baca juga: Dihadiri Maulana, Pelantikan Gerakan 1000 Orsat dan Pencanangan Bank Sampah ICMI Siap Bersinergi

Menurut Adiputra yang merupakan kepala sekolah Bank Sampah ICMI Orda Kota Jambi, kegiatan ini akan berkelanjutan sehingga orsat-orsat di tingkat kecamatan yang sudah dilantik kemarin bisa mengikuti pelatihan dan selanjutnya diimplementasikan di lingkungan masing-masing.

“Jadi pelatihan ini akan kita laksanakan rutin seminggu sekali dan para pesertanya adalah orsat orsat-orsat yang dibentuk pada awal November 2023 lalu. Dengan materi bervariatif,” ujar Adiputra yang akrab disapa Adimet.

Pada pelatihan perdana kemarin para peserta diberi bekal tata cara mengolah botol aqua menjadi lampu kristal yang bernilai seni tinggi. Selain itu, peserta juga diajarkan cara mengolah kantong kresek atau sangkek asoy menjadi bros baju yang simpel namun menarik.

Hadir dalam pelatihan sekolah bank sampah ICMI di antaranya Ketua ICMI Orda Kota Jambi Beri Hermawati, Wakil Ketua ICMI Orda Kota Jambi Agus Slamet Nugroho, perwakilan pengurus ICMI Orda Kota Jambi, mahasiswa Fakultas Dakwah UIN STS Jambi, serta Pengurus Orsat yang masuk dalam kelompok pertama.

Baca juga  Dihadiri Maulana, Pelantikan Gerakan 1000 Orsat dan Pencanangan Bank Sampah ICMI Siap Bersinergi

Menurut Ricky Maxwin perwakilan orsat yang hadir, kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat apalagi Adiputra pernah berkesempatan ke Amerika Serikat mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah.

“Ilmu dari pak Adiputra tentu bermanfaat jika kita bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik. Setidaknya kegiatan ini bermanfaat. Saya secara pribadi terkesan dengan kegiatan seperti ini,” ujar Ricky.

Sementara Ketua ICMI Orda Kota Jambi Beri Hermawati berharap pencanangan sekolah bank sampah beberapa waktu lalu bukan hanya seremonial saja tetapi harus ada class action-nya.

“Pelatihan ini adalah jawabannya sehingga kita ICMI terus bergerak sesuai dengan tagline kita Inspiratif dan Transformatif,” ujar Beri.

Mantan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jambi ini berharap Sekolah Bank Sampah ICMI akan terus bergeliat dengan berbagai kegiatannya sehingga mampu bersinergi dengan Pemkot Jambi kedepannya.(*)

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru