email : [email protected]

25.9 C
Jambi City
Senin, Juli 15, 2024
- Advertisement -

Lihat Progres, PT Agincourt Resources dan Kementan Lakukan Pendampingan 15 Orang Petani Aktor Milenial 

Populer

Tapanuli Selatan, Oerban.comAgincourt Resource (AR) baru saja melaksanakan pelatihan dasar kewirausahaan bagi petani aktor milenial di Kabupaten Tapanuli beberapa waktu yang lalu. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan, maka dilakukan pendampingan. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana progress Rencana Tindak Lanjut (RTL) pelatihan dasar kewirausahaan “Boot Camp” yang telah diikuti, serta permasalahan apa yang ditemui dalam menjalankan RTL

Pendampingan yang dilakukan oleh PT. AR dan UPT Kementerian Pertanian, Bapeltan Jambi ini dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 18 November 2023 di 15 desa masing-masing petani aktor milenial, di antaranya Desa Baringin, Desa Huraba, Desa Aek Pining, Desa Garoga, Desa Birru, Desa Telo, Desa Paran Padang,  Desa Simaninggir, Desa Sigalangan, Desa Aek Badak Jae, Desa Hapesong Baru, Desa Saraogodung, Desa Marsada, Desa Aek Nabara, Desa Muara Manompa serta 8 Kecamatan (Batangtoru, Muara Batangtoru, Sipirok, Angkola Barat, Angkola Timur, Sayur Matinggi, Aek Bilah, Batang Angkola) se-Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Menurut salah seorang Petani Aktor Millenial, M. Azis Hutasuhut merasa bersyukur dengan kegiatan ini. “Alhamdulillah dengan terpilihnya saya menjadi salah satu aktor milenial di Kabupaten Tapanuli Selatan menambah kepercayaan diri dan memperluas jejaring pertemanan. Pelatihan dan pendampingan yang diselenggarakan oleh PT. Agincourt dan Bapeltan Jambi sangat bermanfaat bagi kami semua,” katanya.

Baca juga: Kementan Lakukan Pengendalian OPT Tanaman Cabai Ramah Lingkungan di Kabupaten Merangin

Sementara itu Widyaiswara Bapeltan Jambi yang melakukan pendampingan, Fergutson Nainggolan mengatakan pendampingan ini sangat dibutuhkan oleh petani aktor milenial karena dengan adanya pendampingan kita dapat mengetahui permasalahan apa yang ditemui oleh peserta di lapangan dan diberikan solusinya secara langsung.

Baca juga  Dampingi petani bijak mengelola keuangan dan mudah mengakses KUR, Kementan mengadakan Training Of Trainer

Program pendampingan ini merupakan kegiatan lanjutan pasca pelatihan dasar kewirausahaan yang merupakan salah satu progam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat oleh PT. Agincourt Resources yang bekerja sama dengan Bapeltan Jambi.

AR sangat fokus terhadap penumbuhan petani-petani muda milenial di Kabupaten Tapanuli Selatan yang nantinya akan menjadi role model untuk petani lain di wilayahnya sehingga regenerasi pertanian terus berlanjut

Sesuai dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang mengatakan bahwa generasi milenial adalah harapan dan masa depan pertanian Indonesia, mendukung terwujudnya ketahanan pangan. Pasalnya, kokohnya pertanian adalah kokohnya bangsa dan rakyat Indonesia.

Penulis : Asti

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru