email : [email protected]

33.1 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

SERING MENJADI TEMPAT PELATIHAN, KELOMPOK TANI MEKAR JAYA LAYAK MENJADI P4S

Populer

Tebing Tinggi – Jambi, Oerban.com – Ditemani Kepala Seksi Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Desi Susilawati, kami berkunjung ke Kelompok Tani Mekar Jaya. Disaat yang sama, sedang berlangsung pelatihan pertanian organik yang diadakan oleh Dinas TPH Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (Senin, 27/08/2018)

Menurut Supari sekretaris Poktan Mekar Jaya, kegiatan pelatihan seperti ini sudah sering dilakukan. Tidak hanya pelatihan tapi juga kegiatan lainnya seperti permagangan, kunjungan edukasi, dan berbagai jenis kegiatan lainnya. Jadi hampir tidak pernah berhenti. Peserta Pelatihan maupun permagangan tidak hanya berasal dari Tanjung Jabung Barat saja, tapi juga di berbagai daerah dan provinsi. Ada yang tiga hari, seminggu bahkan lebih.

Pelatihan organik di Kelompok Tani Mekar Jaya

Selain memproduksi kompos dengan skala besar, kini juga sedang dikembangkan ternak sapi, kambing, domba, dan hortikultura. Harapannya kedepan juga bisa menjadi tempat Agroeduwisata. Mengingat potensi yang dimiliki oleh Desa Dataran Kempas sangat layak menjadi desa agroeduwisata.

Supari berpesan agar kelompoknya tersebut bisa dijadikan sebagai Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) sehingga mendapatkan legalitas dalam melaksanakan kegiatan pelatihan. Menimpali keinginan itu, Kasi Penyuluhan Dinas TPH Tanjung Jabung Barat Desi mengatakan akan berusaha untuk berkoordinasi dengan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi untuk menjadikan kelompok tani Mekar Jaya menjadi P4S nantinya. (TIM)

Baca juga  Ragam Keunggulan P4S Saiyo Sakato Dalam Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia Pertanian
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru