email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Sinergi  UPT Kementan dan Dinas Pertanian Kota Jambi Gelar Pelatihan Tematik Cabe Guna Penyangga Inflasi 

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Salah satu program utama Kementerian Pertanian Republik Indonesia adalah penguatan BPP. BPP sebagai pusat pembangunan pertanian di wilayah kecamatan adalah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

BPP menjadi institusi pertanian terdepan di tingkat lapangan, di kecamatan, setiap BPP dibagi ke dalam wilayah-wilayah kerja penyuluh pertanian. Penguatan fungsi dan peran BPP berarti memperkokoh pembangunan pertanian. Penguatan mencakup data dan informasi, SDM, sarana prasarana dan infrastruktur.

Terkait dengan hal itu kembali Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi menggelar Pelatihan Tematik Pertanian bertanam cabe berkolaborasi dengan Bapeltan Jambi di dua BPP yakni Danau Teluk dan BPP Pelayangan Kota Jambi yang mana peserta berasal  ibu-ibu petani di wilayah tersebut.

Materi pelatihan yakni “Bertanam Cabe Menyangga Inflasi” pada kesempatan tersebut Plt. Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi Elly sarnis pukesmawati, SP, MP  menyampaikan bahwa harus menanam cabe di sekitar rumah  guna mendukung ekonomi keluarga.

Lebih lanjut diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan tematik mengajak para petani khususnya ibu-ibu untuk bertanam cabe di mana bisa mengurangi pengeluaran  rumah tangga agar bisa menanam cabe di rumah masing-masing karena harga cabe yang melambung dan membuat ibu-ibu di Jambi menjerit karena harga meroket. 

Beliau Juga menambahkan bahwa banyak cara untuk melakukan penananaman cabe salah satunya adalah dengan menggunakan polybag dan bahan lainnya seperti karung dan plastik bekas minyak untuk menanam cabe, jelasnya.

Bapeltan Jambi sebagai sebagai salah satu UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan yang memiliki tanggung jawab dalam hal peningkatan kompetensi SDM pertanian, di mana Bapeltan jambi terus berupaya melatih  kompetensi insan pertanian di wilayah kerjanya. (Puji Lestari)

Baca juga  Kolaborasi Bapeltan Jambi dan Universitas Jember Tingkatkan Literasi dan Kemampuan Menulis SDM melalui Webinar 
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru