email : [email protected]

25 C
Jambi City
Minggu, Maret 3, 2024
- Advertisement -

SOSIALISASI PROGRAM KOSTRATANI KEMENTRIAN PERTANIAN OLEH BPP JAMBI

Populer

Jambi, oerban.com – Sosialisasi Program Kostratani Kementerian Pertanian di Ruang Aula Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dinas TPHP) Kabupaten Bungo 10 Desember 2019 dihadiri oleh Kabid. Sapras Rifnizal, Kabid Tanaman Pangan Abdul Majid, Kepala UPT Balai Penyuluhan Pertanian Kab. Bungo, Kepala Bapeltan Jambi Dr. Ir. Zahron Helmy, M.P., Kasie. Program Purnadi, SP, M.P., Widyaiswara Puguh Nugroho, SST, M.Si., Camat Tanah Sepenggal, Perwakilan Koordinator Penyuluh dan penyuluh, Penyuluh Kabupaten, perwakilan pegawai kabupaten serta panitia dari Bapeltan Jambi.

Sumber: Puguh

Dalam sambutannya, Kepala Bapeltan Jambi Dr. Ir. Zahron Helmy, M.P. menyampaikan bahwa Bapeltan Jambi diwajibkan untuk melakukan pendampingan terhadapan kebijakan strategis pertanian menyangkut kegiatan Konstratani (Komando Strategis Pertanian) yang difokuskan sebagai Pusat Kegiatan Pembangunan Pertanian ditingkat Kecamatan dan lebih detailnya nanti akan disampaikan Purnadi, SP, M.P., sebagai Koordinator Kostratani Wilayah Kabupaten Bungo dan Kabupaten Kerinci. Pak Kepala Bapeltan Jambi menyampaikan kembali ke Dinas TPHP Kab.Bungo untuk memanfaatkan Bapeltan Jambi sebagai peningkatan SDM Pertanian dalam bentuk Kerjasama dan lebih lanjut Kepala Bapeltan Jambi menayangkan sekilas video tentang profil Bapeltan Jambi yang dapat mensupport Dinas TPHP Kabupaten Bungo yang ingin melaksanakan kerjasama pelatihan di Bapeltan Jambi.

Selanjutnya penyampaian sosialisasi kostratani oleh Purnadi, SP, M.P. tentang Program Kostratani sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Peran Kostratani di BPP sebagai Pusat Data dan informasi, Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian, Pusat Pembelajaran, Pusat Konsultasi Agribisnis, dan Pusat Pengembangan Jejaring Kemitraan.

Kemudian dilanjutkan kembali penyampaian materi oleh Widyaiswara Bapeltan Jambi Puguh Nugroho, SST, M.Si. tentang Pengenalan Aplikasi dan Data Pertanian, Melaksanakan Teleconference, dan Praktek Menerbangkan Drone. Antusias peserta sosialisasi sangat tinggi dalam mengikuti materi tersebut sehingga selesai sosialisasi peserta akan mencoba kembali Teleconference sebagai Rencana Tindak Lanjut (RTL) hasil dari sosialisasi kostratani. Dilanjutkan kunjungan ke salah satu BPP yang masuk ke dalam kegiatan program kostratani yaitu BPP Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo Propinsi Jambi.

Baca juga  BPP KOSTRATANI PONDOK TINGGI DORONG PERCEPATAN TANAM BAWANG MERAH

Penulis: Puguh
Editor: Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru